Limfoma

Limfoma adalah neoplasma ganas organ-organ limfoid yang ditandai dengan pertumbuhan neoplastik otonom sel-sel yang commited ke arah diferensiasi limfoid. Tumor-tumor ini terutama mengenai jaringan limfoid, khususnya kelenjar limfe dan limpa, tetapi semua dapat mengenai jaringan nasofaring dan paru.

Sistem limfatik pada limfoma

Limfoma ditandai oleh pembesaran kelenjar limfe, keringat malam dan atau demam baik-turun, nyeri akibat pembesaran dan atau infrak limpa, hepatomegali, penurunan berat badan, pruritus, nyeri tulang akibat alkohol (hodgkin), malaise, atau infeksi berulang.

Limfoma adalah kelompok tumor ganas yang terjadi pada jaringan limfoid. Limfoma diklasifikasikan menurut gambaran histologis menjadi limfoma hodgkin dan limfoma non hodgkin (LNH).

a. Limfoma hodgkin hampir sealalu berasal dari kelenjar limfe ke rantai di dekatnya secara progresif. Limfoma hodgkin umumnya terjadi pada usia dewasa muda sekitar 20 tahun dan usia dekade ke-5. Limfoma hodgkin ini umunya menyerang bagian kelenjar getah bening yang terletak pada leher dan kepala.

b. Limfoma non hodgkin merupakan tumor ganas yang berbentuk padat dan berasal dari jaringan limforetikular perifer. Limfoma nonhodgkin ini umumnya menyerang jaringan limforetikular perifer kelenjar limfe, kelenjar limfe palatum, gusi, pipi, dasar mulut dan tonsil.


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Limfoma and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.